Luka bakar terkadang sering kita alami saat sedang melakukan aktivitas. Saat mengalami luka jenis ini, memang terkadang cenderung akan minim terdapat darah yang keluar.

Namun rasa panas yang menyengat dan nyeri yang mendera tak jarang membuat siapapun sangat tersiksa.

Luka bakar umumnya sering dikarenakan terkena setrika, cipratan minyak saat memasak, tersenggol knalpot, paparan sinar matahari, dan masih banyak lagi.

Untuk luka bakar ringan, menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita saja biasanya sudah cukup untuk meredakan rasa panas dan menyembuhkannya.

Berbeda dengan luka bakar yang cukup serius, Anda perlu menggunakan obat luka bakar parah yang biasanya terdapat di apotek-apotek.

Selain itu penanganan juga akan lebih baik dengan membawanya ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Berbicara tentang luka bakar ringan, ada beberapa bahan alami yang dipercaya sebagai obat luka bakar paling ampuh.

Dibandingkan menggunakan obat-obatan kimia, penggunaan bahan-bahan ini akan lebih meminimalisirkan efek samping yang ditimbulkan. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan, antara lain:

1. Air dingin.

Penanganan pertama yang bisa dilakukan saat mengalami luka bakar adalah dengan membasahinya dengan air dingin yang sejuk, bukan air es kurang lebih selama 10-21 menit sampai rasa perih sedikit mereda. Bisa juga dengan menggunakan handuk yang dibasahi air dingin sebelumnya, untuk kemudian di tempel di bagian luka bakar ringan.

2. Lidah buaya.

Lidah buaya memiliki sifat anti peradangan yang bisa merangsang penyembuhan pada luka.

Selain itu juga mampu melembabkan kulit dan mencegah bakteri bertumbuh kembang. Gunakan lidah buaya pada bagian gel beningnya untuk dioleskan pada bagian kulit yang terkena luka bakar.

3. Madu.

Madu memiliki sifat anti peradangan, anti jamur, dan antibakteri. Madu sangat cocok untuk menangani kondisi luka bakar.

Dengan mengoleskannya pada bagian luka bakar, proses penyembuhan akan semakin cepat.

Selain menggunakan bahan alami tersebut untuk mengatasi luka bakar ringan, Anda juga bisa menggunakan obat-obatan yang dijual di apotek, seperti salep antibiotik, obat pereda rasa sakit, dll.

Obat-obatan ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya infeksi. Ada baiknya Anda menggunakan jenis obat-obatan apotek berdasarkan rekomendasi dari dokter terlebih dahulu.

Sekian artikel seputar Gunakan Bahan Alami Berikut untuk Mengatasi Luka Bakar Ringan dari airparadise.co.id semoga informasi ini bisa bermanfaat.