Dalam kondisi normal, setiap satu bulan sekali wanita mengalami haid. Haid sering diikuti dengan rasa nyeri atau dismenore.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa saja gejala disemore saat nyeri haid hari pertama. Anda penasaran? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Baca Juga : Biaya membersihkan karang gigi

Gejala Dismenore

1. Merasa nyeri selama 2 hari

Biasanya rasa nyeri hanya terjadi pada hari pertama dan kedua. Akan tetapi, beberapa wanita ada yang merasakan nyeri lebih dari dua hari.

Kondisi ini dipengaruhi oleh banyak faktor sehingga gejala yang dialami setiap wanita berbeda-beda.

2. Timbul rasa sakit pada bagian bawah perut

Sakit perut saat haid apakah berbahaya? Pada umumnya sakit perut merupakan gejala normal yang dialami wanita saat haid.

Namun, terkadang sakit perut juga berbahaya. Oleh karena itu, apabila Anda merasakan sakit perut dalam jangka waktu lama saat haid maka segera diperiksakan ke dokter.

3. Timbul rasa ingin mual dan muntah serta pusing

4. Merasakan kram selama masa haid atau hanya beberapa hari saja

Kapan terjadinya kram tidak pasti. Biasanya kram dirasakan di perut bagian bawah. Terkadang rasa sakit menjalar hingga ke punggung, kaki, alat kelamin wanita dan daerah pangkal paha.

5. Sakit pada bagian payudara hingga terjadi pembengkakan. Selain itu, perut terasa kembung sakit pada bagian kepala, punggung, sendi, diare, sembelit, jerawat dan lain-lain.

6. Terjadi gangguan pada tingkah laku. Contohnya adalah merasa gelisah, sensitif, depresi, gampang marah, sulit tidur, mood sering berubah-ubah dan lain-lain.

Cara Mengatasi Kram Saat Haid

1. Istirahat yang cukup
Istirahat menjadi salah satu cara mengatasi dismenore yang efektif. Hal ini dikarenakan dengan beristirahat maka rasa sakit yang Anda rasakan berkurang, terutama sakit akibat kram.
2. Tidak mengkonsumsi makanan yang tinggi kafein dan garam seperti kopi, makanan yang asin serta lainnya.
3. Meminum obat untuk meredakan rasa nyeri akibat kram. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai jenis obat yang dapat Anda konsumsi jika rasa nyeri yang dirasakan parah.
4. Anda dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol
5. Tidak merokok
6. Melakukan pemijatan pada bagian perut dan punggung bawah.

Sekian artikel seputar Mengenal Gejala Dismenore dari airparadise.co.id semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Tagged in:

,