Beranda Kesehatan 10 Cara Jitu Usir Bau Napas Tak Sedap Wajib Dicoba

10 Cara Jitu Usir Bau Napas Tak Sedap Wajib Dicoba

487
bau napas

Banyak orang merasa khawatir mengenai bau napas dari waktu ke waktu, khususnya setelah menyantap makanan pedas atau secangkir kopi.

Faktanya, 9 persen orang melaporkan kerap mengalami napas bau selama 6 bulan terakhir berdasarkan data Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Bagi sebagian orang, napas yang berbau bisa terjadi terus menerus dan para ahli pun percaya, napas bau bisa jadi gejala penyakit yang lebih serius.

Lalu, apa sebetulnya penyebab napas berbau, di antaranya kopi, alkohol, bawang-bawang.

Meski begitu, banyak pula ahli percaya, bahwa salah satu faktor penyebab napas bau karenanya kurang bersihnya saat menyikat gigi.

Jutaan bakteri hidup di dasar lidah dan belakang lidah, dan jika tidak secara rutin dibersihkan,

maka bakteri-bakteri itu akan memakan protein dan partikel makanan di mulut, lalu mengeluarkan gas yang dikenal dengan volatile sulfur compounds.

Hasilnya? Tentu saja menimbulkan napas yang berbau tak sedap.

Sekitar 10 persen orang juga mengalami bau napas tak sedap memiliki penyakit, seperti infeksi, pneumonia, atau bronchitis, sinus, atau radang tenggorokan.

Sebagian lagi, memiliki penyakit, seperti diabetes, liver atau ginjal.

Berikut adalah beberapa cara jitu untuk mengusir bau napas tak sedap ini;

Cara Supaya Tidak Bau Napas

Cara Supaya Tidak Bau Napas

Temui dokter gigi

Tentu penting untuk mengetahui, dari mana sumber bau mulut datang apakah karena memang kondisi kesehatan atau masalah gigi.

Jika bakteri hidup cukup lama di sela sela gigi, maka dokter anda pun akan memastikan anda harus menyikat gigi dengan benar dan rutin.

Menyikat gigi

Bukan cara baru, namun disiplin menyikat gigi setelah makan atau minimal dua kali sehari akan membuat anda terhindar dari bau napas tak sedap.

Maka, penting bagi anda untuk menyikat gigi dengan teknik yang benar secara menyeluruh, termasuk menyikat bagian lidah anda atas dan bawah.

Pendiri Creative Dental Care di Westfield, New Jersey Joseph Banker mengatakan, meski ada satu gigi saja terlewat dibersihkan, bisa saja itu nanti menjadi sumber bau napas tak sedap.

Floss

Sikat gigi ultra sonic memang pilihan baik, namun cara terbaik agar sela-sela gigi tetap bersih, adalah menggunakan benang floss setiap kali anda menyikat gigi.

“Jika anda meninggalkan sedikit saja potongan makanan, tentunya akan menjadi sampah di sela gigi, dan itu bisa saja menimbulkan bau,”kata Banker.

Minum air cukup

Jika anda tidak meminum air secukupnya, maka ludah anda akan secara siginifkan berkurang yang tentu akan menyebabkan bau mulut lebih tajam.

Maka, pastikan kemana pun anda selalu membawa air untuk menjaga napas tetap segar seharian.

Pilih pilih pencuci mulut

Pencuci mulut atau mouthwash yang selama ini kita kenal, ternyata tidak sempurna membunuh bakteri penyebab bau mulut,

bahkan jika pencuci mulut tersebut mengandung alkohol, justru akan membuat bakteri makin tumbuh.

Maka, carilah pencuci mulut yang bebas alkohol, atau mengandung menthol, eucalyptol, atay thymol.

Menunggu selama 15 menit setelah menyikat gigi sebelum menggunakan pencuci mulut juga cukup efektif.

Pakai alat pengikis lidah

Jika anda berupaya mengusir bakteri dengan sikat di lidah, maka anda hanya dapat permukaan saja, namun menggunakan alat khusus pengikis lidah setelah anda menggosok gigi tentu lebih efektif.

Di lidah, banyak terdapat bakteri bersemanyam, dan merupakan daerah permukaan yang cukup luas di mulut.

Baca Juga : 8 Manfaat Herbalife Untuk Kesuburan Kesehatan Kulit dan Diet

Mengunyah apel

Buah dan sayuran yang kaya serat akan membantu membersihkan gigi dan vitamin C di dalamnya membantu membunuh bakteri. .

Mengunyah permen karet

Percaya tidak percaya, mengunyah permen karet dalam jangka lama justru dapat membersihkan partikel makanan di gigi dan membuat mulut tetap berasa lembut.

Minum teh

Coba anda lewati sore anda dengan meminum secangkir teh karena mengandung poplyphenols, yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri.

Konsumsi probiotik

Suplemen probiotik ternyata tak hanya baik melancarkan pencernaa, namun dapat membantu memangkas jamur yang hidup di permukaan lidah.

Prevention